Fakultas Hukum Unsyiah Gelar International Conference on Law Governance and Islamic Societies

Darussalam – Fakultas Hukum Unsyiah menggelar International Conference on Law Governance and Islamic Societies (ICOLGIS), kegiatan ini dibuka Senin 21 Oktober 2019 di Event Hall AAC Dayan Dawood, Darussalam Banda Aceh dengan menampilkan presentasi 75 Full Paper dari 180 Abstrak dari Australia, India, Taiwan, Malaysia, Singapore, dan Indonesia.

 

Rektor Unsyiah Prof. Dr. H. Samsul Rizal, M.Eng dalam sambutan yang diwakili Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Syiah Kuala Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si., M.Tech. mengatakan ICOLGIS merupakan wujud pengabdian dan dedikasi Universitas Syiah Kuala melalui Fakultas Hukum Unsyiah.

Dalam kata pembukaan Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si., M.Tech  menyebutkan “ini kontribusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan saling bertukar informasi diantara para ilmuwan, peneliti, praktisi serta kalangan profesional dari berbagai negara, termasuk Indonesia,”.

 

Kegiatan ini dipandu oleh Saifuddin Bantasyam, S.H., MA (Dosen Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala) selaku Moderator. Sementara itu Ketua Panitia ICOLGIS Muhammad Ya'kub Aiyub Kadir, S.Ag., LLM, PhD dalam laporannya menyebut, International Conference ICOLGIS adalah wadah para ilmuwan, peneliti, dan praktisi. “Wadah ini sekaligus wadah berbagi informasi dan saling belajar pengalaman diantara satu dengan lainnya,” jelas M. Ya’kub.

 

Icolgis mengundang 5 (lima) Narasumber diantaranya: Prof. Daniel Fritzpatrick (Monash University – Australia) dengan tema presentasi “Spatial Scale of Property: Custom, Islam and Law in Aceh”; Prof. Dr. Dilshad Shaik (Dean. School of Law Sathya Institute of and Technology - India) dengan tema presentasi “Protection of Traditional Knowladge of Indigenous People in India”; Prof. Farid Sufian bin Shuaib (Dean. Ahmad Ibrahim Kullyyah of Laws, International Islamic University - Malaysia) dengan tema presentasi “Challange of Governance in Plural Societies : Lessons from Malaysia”; Dr. Azhari Yahya, S.H., MCL., MA. (Faculty of Law, Syiah Kuala University - Indonesia) dengan tema presentasi “The Role of Law Number 11 of 2006 In Attracting Foreign Direct Investment to Aceh Province”; dan  Dr. Viktor Kattan, LL.M ( Associate Fellow, National University of Singapore - Singapore) namun beliau berhalangan menghadiri acara ICOLGIS ini.

Kegiatan Pembukaan ICOLGIS ini dihadiri oleh sejumlah unsur diantaranya Plt. Gubernur Aceh, Paduka Yang Mulia Wali Nanggroe, Kodam Iskandar Muda (IM), Polda Aceh, Kejaksaan Tinggi (KEJATI) Aceh, Pengadilan Tinggi Aceh, Mahkamah Syar’iah Aceh, Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Hukum Administrasi Negara (P3KHAN) Aceh, Ombudsman Kantor Perwakilan Aceh, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kementerian dan HAM) Kanwil Aceh.

 

Panitia ICOLGIS juga mengundang, Kepala Kantor Pertahanan (KANHAN), Kemenhan RI wilayah Aceh, Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Aceh (Kemenag), Para Dekan yang berada di lingkungan Universitas Syiah Kuala, Sejumlah Kepala Daerah (Walikota Banda Aceh, Bupati Aceh Besar, dan Walikota Sabang), Ketua DPRA, Ketua DPRK Banda Aceh, Ketua DPRK Aceh Besar, Ketua DPRK Sabang.

 

Panitia ICOLGIS juga mengundang sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) dan Satuan Kerja Perangkat kab/kota (SKPK) yang relevan dengan isu yang didiskusikan yaitu Hukum Pemerintahan dan Kajian Keislaman, serta berbagai instansi pemerintah lainnya yang berada di Aceh baik yang bersifat vertikal maupun horizontal, Para Rektor maupun Dekan Fakultas Hukum dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta yang berada di wilayah Aceh, dan pihak terkait lainnya. (nu)